SUPORTER TERBANYAK DI INDONESIA

Setelah di survey, ternyata Bobotoh Persib atau yang biasa di kenal sebagai Viking Persib Club, menempati urutan pertama jumlah supporter terbanyak di Indonesia. Kami di sini yang sekaligus anak-anak Bobotoh tidak mengada-ada masalah info ini, dan untuk yang menyurvey juga bukan anggota kami, melainkan mereka adalah orang-orang yang anti persepakbolaan Indonesia, mereka tidak suka dengan penampilan dan gaya main sepak bola Indonesia.

Menurut tim penyurvey, Bobotoh Persib menempati urutan pertama supporter terbanyak di Indonesia, dengan mencakup hampir seluruh wilayah Jawa Barat dan sekitarnya. Berikut adalah persentase jumlah Bobotoh Persib di Indonesia :
Untuk wilayah Jawa Barat sekitar 69% jumlah Bobotoh Persib yang tersebar di seluruh kota dan kabupaten di Provinsi ini, 35% di DKI Jakarta, 88% wilayah Banten, 57% di Yogyakarta, 50% di seluruh Jawa Tengah, dan sekitar 17% di Jawa Timur.
Untuk luar pulau Jawa, ternyata Bobotoh Persib juga jumlahnya tidak sedikit, di pulau Sumatera, sekitar 49% Bobotoh Persib yang tersebar di seluruh kota pulau tersebut, di Kalimantan sekitar 58% yang setia mendukung Persib, di pulau Sulawesi sekitar 32%, daerah maluku dan sekitarnya sekitar 25%, dan di pulau Papua sekitar 37% (itu juga kebanyakan pendatang dari pulau Jawa), serta di tambah jumlah Bobotoh di semua pulau-pulau kecil di Tanah Air, sekitar 11%.
Dan tim penyurvey juga tidak meneliti jumlah terbanyak pertama saja, melainkan jumlah terbanyak berikutnya. Munurutnya, supporter terbanyak kedua di Indonesia di pegang oleh para The Jakmania. Diperkirakan jumlah keseluruhannya mencapai setengah dari seluruh jumlah Bobotoh Persib. Para The Jakmania kebanyakan tersebar di wilayah Ibu Kota dan sekitarnya, juga banyak yang tersebar di wilayah pulau Sumatera. Menurut tim penyurvey, di perkirakan hampir 47% menempati wilayah Ibu Kota Jakarta, 27% di Bogor, 43% di Depok, 39% di Tangerang, 22% di Bekasi serta sekitar 11% tersebar di beberapa kota di Jawa Barat dan Banten. Tidak hanya itu, ternyata Jakmania pun menguasai wilayah Lampung sekitar 51% dan 21% tersebar di beberapa kota di pulau Sumatera. Serta sekitar kurang lebih 32% menyebar di seluruh kawasan Nusantara.
Kemudian untuk peraih posisi ketiga, ternyata di terima oleh para Aremania, dengan jumlah hampir menyamai para The Jakmania. Jumlah Aremania ternyata lumayan banyak, mereka hampir menguasai setengah dari provinsi Jawa Timur, tersebar di beberapa kota di Jawa Timur dan daerah Jawa Tengan bagian timur. Tidak hanya itu, ternyata para Aremania pun ikut serta di Ibu Kota, sekitar 17% lebih para Aremania menempati wilayah Ibu Kota. Serta sekitar 28% menyebar di seluruh wilayah Indonesia.
Dan untuk peringkat ke empat, ternyata sang Bajul Ijo yang meraihnya, sekitar setengah kurang wilayah Jawa Timur bagian timur dikuasai oleh para Bonek mania, sekitar hampir 38% wilayah Jawa Tengah dan 9% wilayah Jawa Barat bagian timur. Tidak sampai situ, ternyata Bonek mania pun banyak bermunculan di pulau Madura. Dan sekitar 18% para Bonek mania menyebar di seluruh Indonesia selain dari Pulau Jawa dan Madura.
Mungkin bagi anda banyak yang kurang percaya, tapi itulah faktanya. Kami di sini sebagai para Bobotoh bukan menyombongkan diri dengan jumlah kami yang banyak, kami ingin memberitakan saja 4 supporter terbanyak di Indonesia. Ini nyata, tanpa ada rekayasa!!!
Kami sadar kalau dengan jumlah tersebut kami harus menjaga nama baik diri kami sendiri dan nama baik Persib. Oleh karena itu kami mengajak kepada seluruh anggota Viking Persib Club yang tercatat maupun tidak, untuk menjaga nama baik kita dan Persib dengan tidak membuat keonaran terhadap supporter-supporter yang lain. Karena jumlah yang banyak, sebenarnya bukan suatu ajang untuk menyombongkan diri tapi itu adalah amanah dari semua masyarakat Indonesia yang menjadikan Persib sebagai jiwa raga mereka.
Dan dengan jumlah yang banyak ini, kita sebagai Bobotoh Persib harus bisa menjadi contoh yang baik terhadap supporter-supporter yang lain, bukan malah menjadi supporter yang membuat keonaran. Diawali dari diri kita sendiri untuk menjadikah Bobotoh ini sebagai supporter yang cinta damai, di mulai dari hal yang paling kecil yaitu tidak mengejek dan menghina supporter lain dalam bentuk apapun, karena itu akan menjadi awal dari suatu permusuhan. Kita sudah tau, bahwa kita itu mempunyai musuh yaitu The Jakmania, tapi arti musuh di sini bukan di luar lapangan juga dong, harusnya Viking dan The Jak bermusuh itu dalam satu lapangan saja, tentunya dengan tidak ada aksi anarkis dari kedua belah pihak.
Kami yakin kalau Viking, The Jak, Aremania dan Bonek itu adalah supporter-supporter yang beragama Islam, apakah pernah Islam mengajarkan permusuhan???
Ini hanyalah tipu daya kaum Barat yang ingin mempecah belahkan umat Islam, dengan adanya permusuhan Viking dan The Jak seperti sekarang, secara tidak langsung kaum Barat tertawa terbahak-bahak melihat kebodohan bangsa Timur yang bisa dipecah belahkan. Apakah kalian juga pernah berfikir betapa susahnya nenek moyang kita waktu penjajahan Belanda menyatukan bangsa ini menjadi bangsa Indonesia yang bersatu??? Sekarang, secara tidak langsung kita sudah mengkhianati mereka, seolah-olah kita itu bukan bangsa Indonesia yang bersatu.
Jadi kami segenap keluarga besar Bobotoh Persib, mengajak kepada seluruh supporter di Indonesia untuk berdamai demi agama dan bangsa, dalam hal ini bukan kami takut kepada kalian, melainkan kami ingin bangsa kita itu bersatu untuk melawan penjajahan masa depan yang merusak moral bangsa.
Kami juga sadar dengan keadaan yang seperti ini, kami belum bisa mendamaikan para Viking dan The Jakmania, tapi kami akan berbuat sekuat tenaga dengan cara apapun untuk mendamaikan perseteruan ini. Kami harap ini menjadi informasi yang bisa kita ambil hikmahnya, kita coba dengan diri kita sendiri, misalnya untuk tidak mengejek dan menghina supporter yang lain ketika Persib main, ataupun yang kebanyakan sekarang, yaitu menghina di dunia maya. Tolonglah, mulailah dari diri kita sendiri untuk berdamai, bila ada supporter lain yang mengejek kita, cobalah untuk bersikap sabar, lama kelamaan juga mereka akan berhenti memusuhi kita, asalkan kita tidak menganggap mereka musuh.
Viking, The Jak, Aremania dan Bonek sama saja, kita sama-sama satu Indonesia, kita sama-sama satu Islam, kenapa kita bermusuhan??? Apakah kita tidak malu dengan bangsa Barat yang menertawakan permusuhan kita ini??? Tidak ada hal yang membedakan dari diri kita ini selain ketakwaan, semoga dengan adanya informasi ini, bangsa kita bisa bersatu.

29 komentar:

Gondal Gandul mengatakan...

VIKING anjing

Huda Avianto mengatakan...

The jack BANGSAT

Dedi Supriyadi mengatakan...

lur ijin ngacopy postingan na.

muqsith al hamid mengatakan...

The jack gk mw kalah tuh udh jelas viking supoorter terbanyak di Indonesia, sirik tanda tak mampu

wadjoebois mengatakan...

lain kali dimasukan sumber yang menyatakan suporter terbanyak ini. tim survey mana dan lain - lain . . agar para pembaca lebih percaya. bukan berarti saya tidak percaya tapi lebih indah bila dikasih sumber.

salam damai dari -JakBois-

dadan ramdani mengatakan...

Hidup PERSIB

bayu kurnia mengatakan...

persib anjing !

riki mikel mengatakan...

viking anjing the jack djancok arema tai bonek babi, by:persikota tanggerang

yudhiie bobotoh karawang mengatakan...

BANGSAT LO !!!
TANGGERANG BERSATU cuy ama PERSIB# kho hina!!
lu ngadu domba VIKING AMA VIOLA!!
kagga bakal anjing!!
#salam buat team loakan Thejak anjing!!
pemain nya sendiri malah di timpukin!!
TOLOL lo

Ozat Melodico mengatakan...

ini baru namanya.... "Postingan Bodoh" sumber g jelas.... ngawur.... blogger amatiran.... SIJ

robbi ashar mengatakan...

sia anjink bangsad ... viking ttep satu the best buat bandung ( jabar )

Andy Fransiska mengatakan...

itu kan dulu,haha sekarang arema bang

Borriz fearl mengatakan...

ehhhhh the jack loe tai anjing ,,,,,,
lo gk akan pernah menang melawan viking ......
kami bersatu gk akan pernah kalah melawan para thejak anjing
terima aja ,,, bahwa kami lebih banyak dari pada kalian the jak anjang,,,,

Moch_Azi_Hendriansyah mengatakan...

AREMA JANCOK AREMA JANCOK

brajamustie mengatakan...

yg survay goblok tu

brajamustie mengatakan...

viking mengadangada ini , jelas2 arema , bonex ,baru viking disusul the jack ,!! yg survay gooobloox jancoxx

ginanjar nurama mengatakan...

AREMA JANCOK =JARUM COKLAT sarua bengetna ge jigah aseupan

By: BOBOTOH ciwidey

irvan risma fauzie mengatakan...

kl diliat pendukung the jak tuh ga sebegitu gede nya, kl diliat dr luas wilayah nya ga sampe 1/32 jabar dan jumlah penduduk nya juga jabar sudah 44 juta jiwa sedangkan jakarta hanya 10 juta jiwa dan itu pun 1/4 nya warga jabar yg pindah domisili ke jakarta, dan harus di ingat juga sejarahnya dulu DKI itu adalah jabar juga bukti nya ada nama sunda kelapa di jakarta.

inoy mozang tasik mengatakan...

the jak tai anjing

karis man mengatakan...

baju the jak dijieun kekesed di imah dewek mah da !
aslina

dont anoh mengatakan...

astgfirlloh.......kalian ini satu bangsa satu tanah air......!!
kalo kayak gini caranya,, kapan indonesia bisa membentuk timnas yang solid dikanca asia???? PIKIR......PIKIR.........!! karena cuman kalian yang bisa merubah semua itu.......!!! kalian adalah pemain ke 12.......!! ayog buktikan!!!

dont anoh mengatakan...

astgfirlloh.......kalian ini satu bangsa satu tanah air......!!
kalo kayak gini caranya,, kapan indonesia bisa membentuk timnas yang solid dikanca asia???? PIKIR......PIKIR.........!! karena cuman kalian yang bisa merubah semua itu.......!!! kalian adalah pemain ke 12.......!! ayog buktikan!!!

dont anoh mengatakan...

astgfirlloh.......kalian ini satu bangsa satu tanah air......!!
kalo kayak gini caranya,, kapan indonesia bisa membentuk timnas yang solid dikanca asia???? PIKIR......PIKIR.........!! karena cuman kalian yang bisa merubah semua itu.......!!! kalian adalah pemain ke 12.......!! ayog buktikan!!!

dont anoh mengatakan...

astgfirlloh.......kalian ini satu bangsa satu tanah air......!!
kalo kayak gini caranya,, kapan indonesia bisa membentuk timnas yang solid dikanca asia???? PIKIR......PIKIR.........!! karena cuman kalian yang bisa merubah semua itu.......!!! kalian adalah pemain ke 12.......!! ayog buktikan!!!

Bayu fardhu rahman affandi mengatakan...

the jak ANJING!!!!!! .
arema JANCOK!!!!!!! .
BONEK~VIKING SATU HATI .
.
SALAM SATOE NYALI "WANI"

Nopan Perdana mengatakan...

Maap nih saya cm mau meluruskan saja..memang betul dan saya percaya klo suporter PERSIB tuh yg terbanyak di indonesia. Contoh saja sebagian besar di kota2 jawabarat masyarakatnya dukung persib, dmn PERSIB melakukan pertandingan tandang dikota2 besar asal daerah jawa barat pasti saja di sesaki oleh suporter PERSIB,, dan belum tentu klo di jawatimur semua penduduknya ngedukung AREMA, inget masih ada PERSIBAYA yg tak kalah besarnya mempunyai suporter sangat fanatik,selain itu masih ada team kecil2 lain'y seperti DELTRAS, PERSELA dan lainnya yg mempunyai pendukung fanatik yg masing2 mendukung team kotanya masing2. dan tak kalah lagi menurut survey sebagian atau setengah'y penduduk kota JAKARTA adalah pendukung PERSIB, mgkin cm seperempatnya saja penduduk yg dukung PERSIJA. mgkin itu saja yg bisa saya luruskan takutnya salah faham..sekian dan terima kasih..BRAVO PERSIB :-).

Oky Feridiani mengatakan...

Kata siapa viking suporter terbanyak d indo? N kata siapa arema suporter ke tiga.... Omong kosong loe yg posting...
Klo berani bentrok sama aremania.... Toh persib banyak suporter viking musiman... gak kyk arema yg suporternya setia sampe mati....gak kenal menyerah....

Tessar Arudi mengatakan...

The jak itu anjing the jak itu sampah ibu kota viking bonex satu hati

www.tessar27.blogspot.com

ratnha lovely mengatakan...

Viking south korea hadir.kabeuh dulut

Poskan Komentar